Cara Merawat Printer Dengan Baik dan Benar

Baru - baru ini saya telah membeli printer untuk kebutuhan kuliah saya. Agar tidak kesusahan mencari warnet untuk print, maka saya memutuskan untuk membeli printer. Namun sebenarnya jika kita memiliki printer, maka sangat susah untuk merawatnya agar tidak rusak.

Cara Merawat Printer Dengan Baik dan Benar. Dokumen Pribadi

Untuk itu, berikut adalah tips mudah merawat printer agar printer menjadi lebih tahan lama dan tidak terjadi masalah pada printer.
  1. Pakai Printer Secara Teratur
    Jika Anda memiliki printer, pastikan Anda menggunakannya secara teratur. Jangan sampai Anda sangat jarang menggunakannya. Karena penggunaan printer yang jarang akan membuat tinta printer menjadi kering. Pastikan juga printer tidak bekerja secara berlebihan. Penggunaan printer secara berlebihan akan menyebabkan printer menjadi panas yang berlebih. Minimal Anda gunakan printer Anda seminggu sekali.
  2. Matikan Printer Setelah Tidak Dipakai
    Ketika printer sudah tidak dipakai, maka matikan saja printer Anda. Cara mematikannya pun harus diperhatikan. Mematikannya harus menggunakan tombol power yang terdapat pada printer. Jangan sampai Anda langsung mencabut kabel power, karena biasanya ketika printer tidak digunakan, printer akan melakukan pembersihan otomatis.
  3. Ganti Tinta Dengan Benar
    Pastikan Anda mengganti tinta printer dengan tipe dan merek tinta yang cocok untuk printer Anda. Ganti tinta sebelum tinta benar - benar habis. Karena jika tinta benar - benar habis, kemungkinan udara akan masuk ke dalam selang tinta yang mengakibatkan gangguan pada saat melakukan print.
  4. Buka Penutup Tinta Saat Melakukan Print
    Ketika melakukan print, pastikan Anda membuka penutup tinta. Ini akan membuat tekanan udara di dalam tabung tinta menjadi normal dan tinta dapat berjalan melalui selang dengan lancar. Biasanya tips ini berguna untuk yang menggunakan tabung tinta modifikasi.
  5. Jaga Kebersihan Tinta
    Ketika penutup tabung tinta dibuka, maka kotoran atau benda - benda kecil bisa masuk ke dalam tabung tinta. Untuk itu pastikan lubang tabung tinta terlindungi dari debu - debu atau benda - benda kecil yang dapat masuk ke dalam tabung.
  6. Letakkan Tinta Dengan Benar
    Pada printer dengan tabung tinta modifikasi, peletakkan tabung tinta harus diperhatikan. Peletakkan yang benar adalah dengan ketinggian sama dengan printer. Jangan terlalu tinggi dengan printer atau terlalu rendah dengan printer. Ketika akan memindahkan printer juga harus menutup aliran tinta pada selang agar printer tidak banjir oleh tinta. Biasanya saya melakukannya dengan mengikat selang. Namun jika akan mengikatnya lagi, pastikan ikat pada posisi selang yang berbeda agar selang tidak rusak.
  7. Gunakan Kertas Yang Bersih
    Pastikan kertas yang digunakan bersih. Kertas yang bersih akan menjaga roller tetap bersih dan bekerja dengan baik. Jangan lupa untuk mengambil sisa kertas pada printer setelah tidak digunakan dan tutup tempat penyangga kertas agar kotoran tidak masuk.
Saya kira itu saja untuk cara menggunakan printer dengan benar. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share ke teman - teman kalian agar lebih bermanfaat ya.