Manfaat dan Kerugian Root Android

Menggunakan hak akses sepenuhnya kepada pengguna Android tentunya akan memberikan kebebasan untuk mengolah sistem Android. Itu lah fungsi dari Root. Pada dasarnya Root dilakukan untuk membuka gerbang sistem Android agar pengguna dapat bebas memodifikasi, menambah, bahkan menghapus file di sistem Android. Pengguna dapat menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root, mengubah tema, menginstal custom ROM, menghapus aplikasi bawaan, dan sebagainya. Namun dari hal itu ada beberapa kerugiannya. Mau tahu apa keuntungan dan kerugian Root Android? Simak berikut ini.

Advantage and Disadvantage Rooting Android


Keuntungan Root Android

  1. Dapat menginstal aplikasi yang membutuhkan akses Root
    Pengguna bebas menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root yang biasanya aplikasi tersebut akan merubah atau overwrite file sistem Android. Contohnya seperti Faster GPS yang akan merubah data A-GPS untuk mempercepat penerimaan sinyal GPS.
  2. Meningkatkan kinerja ponsel
    Dengan Root Anda dapat menambah RAM Android Anda dan juga overclock CPU. Contohnya dengan menggunakan RAM Manager Anda dapat menambah memory penunjang RAM yaitu memory SWAP. Dengan itu maka kinerja Android Anda akan meningkat.
  3. Menghemat daya baterai dan memperpanjang usia baterai
    Beberapa aplikasi yang dapat menghemat daya baterai contohnya Greenify yang menutup aplikasi saat layar mati dan akan terbuka kembali saat layar kembali dihidupkan. Lalu aplikasi CPU Sleeper Universal yang akan mematikan sebagian dari CPU Ponsel Anda untuk menjadi single core saat layar mati. Dan ada aplikasi Battery Calibration yang akan menyesuaikan perhitungan daya baterai ponsel Anda menjadi lebih akurat.
  4. Dapat menghapus aplikasi bawaan ponsel
    Dengan menggunakan akses root maka secara otomatis Anda bebas menghapus aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak dapat dihapus saat ponsel Android masih belum di Root. Dengan hal tersebut Anda dapat membuat ruang Disk kosong di ponsel Anda menjadi banyak.

Kerugian Root Android

  1. Hilangnya garansi ponsel
    Dengan melakukan root sama saja halnya dengan membuka segel dari ponsel tersebut. Analoginya seperti Anda membuka casing dari sebuah laptop yang biasanya ada segel kertas yang bila Anda membuka casing laptop tersebut akan membuat segel rusak. Maka garansi dari laptop tersebut sudah tidak berlaku kembali. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengembalikan keadaan ponsel Anda seperti semula dengan melakukan Unroot. Proses ini biasanya mudah dilakukan dengan menggunakan Super User Manager dari Super SU ataupun Kinguser.
  2. Rentan terhadap Malware
    Sebenarnya tanpa root pun Android dapat terkena Malware seperti Virus, Trojan, dan lain - lain. Apalagi dengan adanya akses root yang telah membobol sistem Android. Maka proteksi sistem Android setelah Root harus ditingkatkan agar terhindar dari Malware.
  3. Terjadi bootloop
    Bootloop adalah hal yang terjadi ketika Android tidak bisa melakukan proses booting dengan baik bahkan tidak dapat melewati boot dalam kata lain berhenti di sesi itu. Hal ini dapat terjadi saat pengguna melakukan kesalahan saat modifikasi file sistem Android terutama saat mengganti tema atau mengganti font Android. Maka dari itu siap - siaplah melakukan back up file - file penting agar jika saat bootloop Anda tetap tidak kehilangan file penting tersebut.
Nah, sudah tahu bukan apa saja manfaat dan kerugian root Android? Maka dari itu sebelum melakukan root harus dipikirkan matang - matang apa yang harus disiapkan setelah melakukannya agar Android Anda tetap selamat.