Apakah Ping Mempercepat Internet?

Banyak orang yang ingin mendapatkan koneksi internet yang cepat. Karena itu orang - orang akan melakukan berbagai cara untuk membuat koneksi internet menjadi cepat termasuk dengan melakukan ping. Tetapi apa benar melakukan ping dapat mempercepat internet?

Apakah Ping Mempercepat Internet?
Apakah Ping Mempercepat Internet? - Dokumen Pribadi

Dikutip dari Wikipedia.org, ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Jadi dari pengertian tersebut, ping hanyalah sebuah utilitas yang digunakan untuk memeriksa keterhubungan antara komputer Anda dengan komputer lainnya. Tetapi banyak salah kaprah di mata masyarakat yang menganggap bahwa ping dapat mempercepat internet.

Cara Kerja Ping

Ping dapat dilakukan melalui command line, seperti Command Prompt (Windows) atau Terminal (Linux). Untuk melakukannya dapat menggunakan perintah ping. Contoh lengkapnya seperti ini.

ping www.google.com

Jika ping dilakukan maka akan muncul tulisan seperti ini (dilakukan di komputer Windows 10) :

Pinging www.google.com [74.125.200.99] with 32 bytes of data:
Reply from 74.125.200.99: bytes=32 time=31ms TTL=45
Reply from 74.125.200.99: bytes=32 time=202ms TTL=45
Reply from 74.125.200.99: bytes=32 time=128ms TTL=45
Reply from 74.125.200.99: bytes=32 time=341ms TTL=45

Ping statistics for 74.125.200.99:
    Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
    Minimum = 31ms, Maximum = 341ms, Average = 175ms

Keterangan :
  1. www.google.com adalah alamat komputer atau server yang akan diuji konektivitasnya dengan komputer yang melakukan ping. Dapat diganti dengan alamat IP atau DNS.
  2. Command Prompt akan mendeteksi DNS dari www.google.com. Dalam contoh tersebut DNS dari www.google.com adalah 74.125.200.99.
  3. Reply from ... dan seterusnya adalah keterangan dari balasan yang dilakukan oleh www.google.com terhadap komputer Anda.
  4. bytes=32 adalah ukuran data (paket) yang dikirim dan dikembalikan.
  5. time=31ms adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirim dan menerima kembali paket. Semakin kecil angkanya, maka koneksi Anda semakin bagus.
  6. Sedangkan Ping statistics for ... dan seterusnya sampai terakhir adalah statistik (rekap data) yang diberikan oleh Command Prompt setelah melakukan ping.

Kegunaan Ping

  1. Memeriksa keterhubungan (koneksi) Antara komputer Anda dengan komputer yang lain.
  2. Memeriksa keberadaan suatu website.
  3. Memeriksa kualitas internet.
  4. Melakukan DOS (Denial Of Service) attack.
Kesimpulannya ping tidak dapat mempercepat internet bahkan jika Anda melakukannya berkali - kali. Jika Anda ingin mempercepat internet yang Anda gunakan, Anda dapat melakukannya dengan membeli paket internet yang memiliki kuota data besar atau unlimited dengan kecepatan yang tinggi ketika dalam satuan bytes (contoh : kBps, mBps) dan bukan bit (contoh : kbps, mbps).

Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share ke teman - teman Anda agar lebih bermanfaat ya.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ping