Di Balik Senyuman Seseorang

Jumpa lagi di sesi opini bersama saya Muhamma Bagus Zulmi. Sebelumnya saya minta maaf karena sebeumnya saya sibuk menjalankan OSPEK. Dan ngomong - ngomong Blog Pencari Ilmu mengucapkan Dirgahayu Indonesia yang ke-72.

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda - beda. Dan sebenarnya karakter seseorang itu sudah terbentuk sejak ia lahir. Apakah setiap karakter itu selalu jahat atau baik? Kalau menurut saya semua orang itu pasti baik. Hanya faktor tertentu yang membuat sikapnya menjadi tidak baik. Seperti faktor lingkungan, keluarga, teman sebaya, dan lain - lain.

Di Balik Senyuman Seseorang
Ilustrasi senyum. Via ummi-online.com

Kali ini saya akan membahas tipe orang yang senyum. Terkadang senyum memiliki berbagai misteri. Mungkin ada 2 golongan umum tipe orang yang tersenyum. Yang pertama tipe orang yang benar - benar tersenyum karena orang tersebut merasa senang, dan ada tipe orang yang senyum karena ingin menyembunyikan kesedihannya.

Senyum Natural

Senyum natural ini maksudnya senyum yang dilakukan pada saat kondisi seseorang sedang senang. Jadi ketika orang tersebut merasa senang, maka orang tersebut akan secara otomatis melakukan senyum. Contohnya ketika pagi - pagi Boni melihat seorang anak yang sangat cantik dan ia merasa jatuh cinta, maka dia mungkin akan tersenyum kepada wanita tersebut. Itu adalah salah satu contoh senyum natural.

Orang yang sering melakukan senyum yang seperti ini digolonglan sebagai orang yang terbuka kepada siapapun. Orang tersebut akan sering cerita pada teman - temannya.

Senyum Tidak Natural

Sebenarnya senyum ini yang mungkin lebih menjadi misteri bagi setiap orang yang menyaksikannya. Bagaimana tidak, seseorang melakukan senyuman tetapi dalam keadaan yang tidak senang. Ada salah satu alasan seseorang melakukan senyum yang tidak natural. Yaitu, ingin menyembunyikan kesedihannya.

Orang yang melakukan senyuman ini tergolong memiliki sifat yang kuat. Namun kembali lagi, ketika orang telah menumpuk banyak masalah tanpa dikuapkan (cerita/curhat) ke seseorang, maka masalah itu juga akan membuatnya semakin lemah dan bahkan akan membawanya ke tingkat depresi.

Senyum yang Tidak Naturak ini dapat diketahui dengan mudah. Ketika seseorang senyum tetapi pandangannya ke lain arah atau seperti pandangan kosong, maka orang tersebut sedang menyembunyikan kesedihannya.

Saran saya jika ada beberapa dari kita yang sering menyimpan kesedihan, maka luangkanlah waktu untuk cerita masalah ini ke teman atau kerabat terdekat kalian. Karena tanpa itu kalian tidak akan kuat menahannya sendiri. Atau kalian bisa konsultasi ke guru BK jika kalian memiliki masalah yang besar.

Memiliki sifat yang kuat merupakan kelebihan seseorang, namun kuat memiliki batasan yang nantinya akan melemah sejalan dengan waktu. Maka cerita lah. Karena satu gelas tidak cukup untuk diisi air yang banyak.