2 Situs Terbaik Belajar HTML, CSS, JavaScript, dan PHP

Memang bagi pemula belajar web coding itu susah. Namun tidak seperti yang dibayangkan. Sebenarnya kita dapat belajar dengan mudah asalkan mengerti dasar - dasar web coding. Yang paling terpenting dalam pembuatan web adalah HTML. Karena HTML merupakan markup language yang digunakan untuk membuat suatu halaman dan di dalamnya dapat ditambahkan kode seperti CSS, JavaScript, dan juga PHP.

2 Situs Terbaik Belajar HTML, CSS, JavaScript, dan PHP
2 Situs Terbaik Belajar HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Dokumen Pribadi


Jujur saja saya memulai belajar web coding dimulai saat saya masih SMP. Saat itu saya pertama kali membuat blog Duniaku Duniamu Impian Kita yang sekarang berubah nama menjadi Bog Pencari Ilmu. Banyak cara untuk mempelajarinya, salah satunya saya selalu membuka website andalan saya untuk belajar HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Beikur adalah 2 website yang menurut saya terbaik untuk belajar dasar web coding.

Baja Juga :
Apa Itu CSS?

1. W3SCHOOL.COM

Sebenarnya saya tidak sengaja menemukan situs ini. Ceritanya ketika saya mencari - cari sebenarnya apa itu HTML dan bedanya dengan CSS. Dan selalu website ini yang muncul di urutan pertama pencarian. Karena sudah berkali - kali website ini mencuri perhatian saya akhirnya saya memutuskan untuk belajar dasar - dasar web coding melalui situs ini. Terbukti situs ini membuat saya menjadi lebih paham dengan apa itu HTML, CSS, JavaScript, dan PHP meskipun saya masih kurang mengerti syntax PHP.

2 Situs Terbaik Belajar HTML, CSS, JavaScript, dan PHP
Logo W3School. Via w3school.com

Di website ini juga terdapat live demo (pratinjau) yang dapat kita edit juga sehingga kita bisa langsung praktek ilmu yang sudah kita pelajari langsung dari demo yang telah diberikan oleh w3school.com.

Tidak hanya dasar, website ini juga terkadang memberikan artikel How To yang mudah dipahami. Jadi kita dapat mempelajari penggunaan tingkat lanjut dari materi dasar yang kita terima sebelumnya.

Situs ini juga menyediakan editor yang dapat kita gunakan untuk mengujicoba HTML, JavaScript, maupun CSS. Dan kita juga bisa menyimpan kode yang telah kita tulis di editornya melalui Google Drive atau server mereka sendiri.

2. SOLOLEARN.COM

Berbeda dengan w3school.com, sololearn memiliki jenis bahasa coding yang lebih banyak. Termasuk bahasa pemrograman. Namun di sololearn juga tak kalah baiknya untuk belajar markup language (HTML).

2 Situs Terbaik Belajar HTML, CSS, JavaScript, dan PHP
Logo Sololearn. Via sololearn.com

Sololearn juga memiliki aplikasi yang dapat diinstal di Android dan iOS. Sehingga pengguna dapat belajar melalui ponsel.

Sololearn memiliki keunikan yaitu pengguna akan mendapatkan XP setiap menyelesaikan pelajaran. Sehingga setiap pengguna memiliki level dan terdapat leaderbord global dan lokal.

Situs ini juga memiliki fitur Chalenge yang memungkinkan pengguna dapat menantang seseorang dengan menjawab kuis. Setiap yang menang akan mendapatkan XP banyak dan akan meningkatkan level dan yang kalah akan mendapatkan XP negatif. Namun saat ini fitur ini hanya tersedia melalui aplikasi.

Selain sololearn juga memiliki IDE yang dapat digunakan dan disimpan secara online. Sehingga kita juga dapat menguji kemampuan kita melalui web atau melalui aplikasi ponsel.

Jadi itu lah situs yang menurut saya merupakan situs terbaik dan mudah dipahami untuk belajar coding khususnya Markup Language. Mudah - mudahan artikel ini dapat membantu agan - agan yang ingin belajar tentang HTML, CSS, JavaScript, dan PHP lebih dalam lagi. Dan jangan lupa bagikan artikel ini ke orang lain agar lebih bermanfaat.