Cara Mengatasi Super Hidden pada Flashdisk dengan CMD

Super hidden pada flashdisk terjadi ketika virus menginfeksi flashdisk dan untuk mengamankannya maka antivirus akan melakukan super hidden pada flashdisk tersebut. Tetapi super hidden ini berlaku hanya ketika flashdisk ditancapkan pada PC dengan OS Windows dan jika pada OS lain seperti Ubuntu, super hidden tidak akan bekerja.

Cara Mengatasi Super Hiden pada Flashdisk di Windows
Cara Mengatasi Super Hidden pada Flashdisk di Windows. Dokumen Pribadi

Antivirus melakukan super hidden agar kita tidak mengeksekusi file yang ada pada flashdisk tersebut. Karena flashdisk yang telah diinfeksi oleh virus disinyalir akan menyemperbanyak diri ketika user mengeksekusi file yang ada pada flashdisk tersebut.

Untuk itu sebelum menghilangkan super hidden disarankan untuk melakukan scan pada flashdisk tersebut melalui antivirus yang Anda gunakan. Pastikan juga antivirus Anda telah diupdate definisi virusnya.


Setelah melakukan scan dan menghapus / mengkarantina virus, lakukan langkah - langkah berikut ini untuk menghilangkan super hidden.

Langkah 1 : Cari tahu drive letter flashdisk Anda. Yaitu dengan menancapkan flashdisk pada komputer dan buka File Explorer (pada Windows 10 dan Windows 8) atau Windows Explorer (sebelum windows 8).
Setelah itu lihat drive letter flashdisk Anda berada pada D:, atau E:, atau F:. Contohnya drive letter flashdisk saya adalah H:. Lihat gambar berikut.

Cara Mengatasi Super Hiden pada Flashdisk di Windows
Contoh Drive Letter (klik gambar untuk ukuran penuh). Dokumen Pribadi

Langkah 2 : Buka aplikasi Command Prompt. Anda bisa membukanya dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan lalu ketik cmd setelah itu tekan Enter.

Langkah 3 : Ketik drive letter flashdisk pada Command Prompt lalu tekan Enter. Contoh punya saya H:. Maka ketik H: pada jendela Command Prompt.

Cara Mengatasi Super Hiden pada Flashdisk di Windows
Mengetik Drive Letter di Command Prompt (klik gambar untuk ukuran penuh). Dokumen Pribadi

Langkah 4 : Ketik perintah berikut pada jendela Command Prompt lalu tekan Enter.

attrib -s -h -r /s /d

Jika Anda melakukan langkah - langkah tersebut dengan benar maka Flashdisk Anda akan kembali seperti semula dan super hidden sudah dihilangkan dari flashdisk.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share ke teman - teman kalian agar lebih bermanfaat ya, Sob.