Mengatasi Related Post Tidak Muncul Di Blogger

Beberapa bulan yang lalu blog ini memiliki masalah pada widget related post yang telah dibuat oleh Kang Ismet. Related postnya tidak muncul. Saya tidak tahu kenapa ini terjadi karena sebelumnya related post pada blog ini dapat bekerja dengan baik. Saat saya mengoprek blog saya yang lain ternyata masalah yang sama terjadi. Related post tiba - tiba menghilang.

Mengatasi Related Post Tidak Muncul Di Blogger
Ilustrasi Related Post. Dokumen Pribadi

Cara ini hanya berlaku jika sebelumnya related posts bekerja dan tiba - tiba tidak muncul saat ini.

Saya sudah melakukan refresh berkali - kali barang kali ini hanya masalah koneksi saya yang lelet. Dan tidak ada perubahan. Widget related post tetap tidak muncul.

Ganti External JavaScript Yang Rusak

Setelah saya telusuri ternyata saya tahu penyebabnya. Ternyata JavaScript eksternal yang dipasang oleh Kang Ismet sudah tidak bekerja lagi. Terdapat error 404 pada link tersebut. Itu dikarenakan saat itu (sekitar tahun 2014) Kang Ismet menggunakan tools google code yang sekarang tidak work lagi. Akhirnya JavaScript tersebut hilang. Sebenarnya Kang Ismet masih memilikinya di direktori google Drive milik beliau, namun pastinya susah untuk menghubunginya.

Error 404 Googlecode
Ilustrasi Error 404 Google Code. Dokumen Pribadi

Untuk yang sudah menggunakan google code untuk CDN CSS dan JavaScript Anda bisa beralih ke Google Drive Direct. Artikel sudah saya buat.
Cara Jitu Hosting Css dan JavaScript Melalui Google Drive

Ubah Pengaturan Feed

Karena JavaScript sudah hilang otomatis saya harus mencari cara untuk membuat widget related post yang baru. Akhirnya saya menemukan caranya di beberapa blog. Dan beberapa dari blog yang saya kunjungi masih menggunakan google code untuk JavaScript eksternal. Pastinya jika saya menggunakan link google code tersebut, related post yang saya buat tidak akan work. Akhirnya saya menggunakan widget related post yang menggunakan internal JavaScript.

Setelah saya menginstalnya, ternyata widget related post tidak bekerja. Saya pun mulai kebingungan. Akhirnya saya membaca semua kode JavaScript satu per satu. Akhirnya saya menemukan widget related post ini bekerja menggunakan url feed blogger. Akhirnya saya ingat beberapa minggu yang lalu saya mengubah pengaturan feed saya menjadi singkat. Akhirnya saya coba kembalikan ke full dan akhirnya related post muncul.

Untuk mengubah pengaturan feed silahkan pergi ke dasbor blog yang dipilih kemudian klik menu Settings > Other. Kemudian pada bagian Site Feed, ubah nilai Allow Blog Feed ke Full atau Until Jump Break lalu klik Save Settings. Selengkapnya lihat gambar berikut.

Ubah Pengaturan Blog Feed
Mengubah Pengaturan Blog Feed. Klik untuk ukuran penuh. Dokumen Pribadi

Sebenarnya alasan saya mengubah pengaturan feed ke short karena saya takut blog saya dicopas melalui Auto Blog. Mungkin jika kalian takut blog kalian dibajak dengan auto blog, kalian bisa mengubah nilai Allow Blog Feed ke Until Jump Break sehingga artikel yang ditampilkan url feed hanya sampai jump break. Itu pun jika kalian menggunakan jump break saat menulis posting.

Tetapi jangan takut, auto blog sekarang tak akan bertahan lama dan tidak akan dianggap oleh google karena mereka yang menggunakan auto blog akan terlihat jelas artikel sama persis dan google akan melakukan banned kepada akun auto blog tersebut.

Jangan lupa share dan tinggalkan komentar sob ;)