Ini Cara Meningkatkan Performa Android Anda!

Kehadiran OS Android yang canggih ini memang cukup memuaskan pelanggan dengan fitur - fiturnya yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Dengan terus bertambahnya kebutuhan manusia, maka Android akan selalu mengembangkan Sistem Operasinya dan juga mungkin ada pengebangan aplikasi dari developer tertentu. Sampai akhirnya Android merilis versi Android yang terbaru dengan versi 5.0 yaitu Lolipop. Dengan semakin berkembangnya OS tersebut bisa jadi akan membutuhkan performa yang bagus untuk menjalankan Android yang stabil.

Boost Your Android Performance

Ada kalanya pengguna mengalami masalah dengan ponsel Android mereka yang semakin lambat seiring bertambahnya waktu. Perlu diketahui, performa Android yang lambat (lemot) bisa terjadi karena beberapa hal. Berikut beberapa peyebab Android yang lambat.

Penyebab Performa Ponsel Android yang Lemot

  1. Memory ponsel tidak mencukupi
    Ponsel memiliki beberapa macam ukuran RAM (Random Acces Memory), dan jika RAM kecil maka bisa mengakibatkan Android yang lambat. Karena beberapa aplikasi Android akan berjalan dibackground yang menyebabkan aplikasi tersebut terus berjalan sehingga dapat memakan RAM dari ponsel tersebut.
  2. Kapasitas Disk yang tidak mencukupi
    Saat kapasitas memory internal atau mungkin juga external dari sebuah ponsel Android penuh maka akan muncul notifikasi kurang lebih seperti ini "Kapasitas penuh, sebagian fungsi mungkin tidak bisa bekerja dengan baik". Jika memang hal itu terjadi, maka jelas memory ponsel tersebut telah penuh dengan data - data Anda sehingga data yang didapat aplikasi tidak menemukan ruang disk yang kosong.
  3. Kesalahan sistem
    Hal ini bisa terjadi saat salah melakukan suatu penginstalan aplikasi atau lainnya yang mungkin APK aplikasi tersebut mengandung Malware sehingga dapat membuat sistem ponsel Anda bermasalah.
Dari beberapa penyebab ponsel Android yang lemot tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara berikut ini

Cara Meningkatkan Performa Android

  1. Tutup aplikasi yang berjalan di background
    Dengan cara tersebut maka RAM tidak akan termakan banyak dan membuat ponsel lebih lancar dan mungkin akan menurunkan suhu dari ponsel yang panas karena padatnya aktivitas dari ponsel tersebut.
  2. Matikan sinkronisasi dan update otomatis
    Sinkronisasi dan update otomatis akan membuat data akan terkirim ke ponsel secara otomatis saat tersambung ke internet. Jika dirasa ponsel Anda kurang memiliki ruang disk dan RAM, maka sebaiknya Anda matikan fungsi tersebut untuk menghindari ponsel Android yang tiba - tiba hang.
  3. Matikan rotasi layar
    Ini adalah fitur yang memungkinkan layar ponsel Anda akan menyesuaikan arah putaran dari ponsel Anda. Jadi Android akan menyesuaikan layar tetap tidak terbalik saat Anda memutar ponsel Anda. Fitur ini memang bermanfaat, namun juga dapat menyebabkan Android yang lemot karena proses rotasi ini akan mengaktifkan fungsi lain dari Android yang akan menyesuaikan pergerakan ponsel.
  4. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan
    Dengan melakukan uninstall aplikasi, maka kapasitas disk akan bertambah dan mungkin RAM akan sedikit turun penggunaanya. Namun Anda tidak akan bisa melakukan uninstall aplikasi bawaan ponsel kecuali dengan akses root.
    (Baca : Manfaat dan Kerugian Root Android)
  5. Gunakan Aplikasi Pembersih (Cleaner)
    Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menghapus file sampah dari aplikasi yang telah Anda uninstall. Karena pada dasarnya aplikasi yang telah di-uninstall masih menyisakan file - file dan file tersebut tidak akan digunakan lagi. Itu sebabnya file tersebut disebut sebagai file sampah. Aplikasi cleaner yang cukup populer saat ini misalnya CC Cleaner dan Clean Master.
  6. Gunakan Anti-Malware
    Anti-Malware atau yang orang - orang tahu sebagai Antivirus akan membuat ponsel Anda terhindar dari ancaman aplikasi berbahaya yang dapat menyebabkan sistem Anda seringkali error dan dapat menyebabkan kapasitas ponsel Anda penuh. Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Anti-Malware dan sering - seringlah update definisi Malware dan Virus serta scan untuk mengetahui adanya Malware.
  7. Memperbesar RAM dan overclock CPU
    Sebenarnya ini cukup banyak membantu, namun cara ini tidak disarankan. Beberapa aplikasi dapat membantu Anda untuk melakukannya namun pastinya membutuhkan akses root.
Itulah beberapa cara meningkatkan performa Android Anda. Dengan cara - cara tersebut ponsel Anda akan lebih memiliki performa yang lebih baik dan pasti akan melancarkan aktivitas Anda sehari - hari.