Cara Mempercepat Indeks Artikel di Blog

Artikel yang terindeks di mesin pencarian akan dapat ditemukan oleh orang lain. Namun terkadang sebagai seorang penulis kita pernah merasa indeks sebuah artikel itu sangat lama. Bahkan sampai memakan waktu satu minggu artikel belum juga terindeks.

Cara Mempercepat Indeks Artikel di Blog
Cara Mempercepat Indeks Artikel di Blog. Dokumen Pribadi

Perlu diketahui, agar artikel dapat terindeks maka kita perlu untuk mengirim blog kita ke mesin pencari seperti Google atau Bing. Di sana kita dapat mengirim sitemap agar robot dapat merayapi situs kita dan dapat mengindeks situs kita.

Namun banyak beberapa dari kita yang merasa situs kita juga sangat lama untuk diindeks. Untuk itu ini lah beberapa tips agar artikel lebih cepat untuk diindeks khususnya pada mesin pencari Google.


Rajin update artikel

Update artikel secara konsisten sangat diperlukan agar situs dapat terindeks. Lakukan publikasi artikel secara rutin. Dengan hal ini maka google akan terbiasa untuk merayapi artikel dalam waktu tertentu.

Seperti misalnya Anda melakukan update artikel selama dua hari sekali, maka dengan melakukannya secara konsisten, mesin pencari juga akan selalu konsisten untuk merayapi situs Anda selama dua hari sekali.

Lakukan pengiriman sitemap ulang

Jika artikel ada yang belum terindeks maka disarankan untuk mengirim ulang sitemap. Hal ini akan membuat google untuk merayapi situs Anda. Selain itu, dengan langkah ini google juga akan mengupdate hasil pencarian situs Anda jika ada artikel yang telah dilakukan perubahan atau edit.

Untuk melakukannya Anda bisa masuk ke google webmaster dan pilih menu Perayapan > Peta situs.

Lakukan pengiriman URL secara manual

Memang cara ini merupakan cara yang manual, namun dengan cara ini dijamin arikel akan cepat untuk diindeks. Menurut pengalaman saya, URL artikel yang dikirim secara manual akan membutuhkan waktu rata - rata hanya satu jam.

Untuk melakukannya silakan menuju link berikut . Lalu masukkan URL artikel dan klik "Kirim Permintaan".
Contoh URL yang benar seperti berikut :
http://www.mbaguszulmi.com/2017/08/cara-mempercepat-indeks-artikel-di-blog.html

Nah setelah melakukan cara di atas maka pasti artikel Anda lebih cepat untuk diindeks. Namun saya sarankan untuk selalu update artikel Anda karena dengan itu akan membiasakan google untuk merayapi situs Anda.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa sahre artikel ini ke teman - teman yang lain ya agar lebih bermanfaat lagi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.