Plugin Halaman Facebook Terbaru 2017 100% Responsive?

Beberapa saat lalu Facebook Like Box saya tidak bekerja sama sekali. Saya bingung apakah tutorial saya dengan judul cara membuat facebook like box 100% responsive sudah usang?  Akhirnya saya mengunjungi halaman Facebook developer untuk pembuatan Like Box dengan harapan ada informasi mengenai itu dan ternyata ada peringatan seperti ini.

Dengan rilis API Graf v2.3, plugin Kotak Suka tidak digunakan lagi. Silakan menggunakan tombol Plugin Halaman baru. Plugin Halaman memungkinkan Anda untuk menyematkan kabar konten sederhana dari Halaman ke situs web Anda.
Jika Anda tidak melakukan upgrade Plugin Halaman secara manual, penerapan plugin Kotak Suka Anda akan secara otomatis kembali jatuh ke Plugin Halaman.

Pada tahun 2014 lalu saya telah membagikan cara bagaimana agar facebook like box 100% responsive. Karena telah digantinya API Graf terbaru, maka trik yang saya bagikan tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Bagaimana cara membuat Plugin Halaman Facebook terbaru menjadi responsive?

Sebenarnya facebook memperbarui (bisa dikatakan mengganti) plugin tersebut karena masalah responsive. Karena facebook like box yang dulu tidak responsive dari bawaannya, maka dengan plugin halaman Facebook yang baru ini akan membuat Plugin tersebut menjadi responsive.

Plugin Halaman Facebook Terbaru 2017 100% Responsive?
Plugin Halaman Blog Pencari Ilmu pada Lebar Browser 1366px. Dokumen Pribadi

Tetapi prinsip responsive untuk plugin ini tidak seperti yang biasa kita ketahui. Biasanya kita tahu bahwa untuk memeriksa elemen html yang responsive adalah dengan resize ukuran browser. Namun jika kita melakukannya pada plugin ini, maka ukuran lebar tidak akan berubah sesuai ukuran device / browser seperti yang kita ketahui.

Plugin Halaman Facebook Terbaru 2017 100% Responsive?
Plugin Halaman Blog Pencari Ilmu pada Lebar Browser 278px. Dokumen Pribadi

Untuk Anda yang ingin membuat Plugin halaman tersebut, silahkan kunjungi di sini .

Lalu kenapa bisa dikatakan responsive?

Dikatakan responsive bukan hanya karena ukuran berubah seketika saat ukuran browser berubah. Responsive pada dasarnya dapat menyesuaikan dengan lebar device. Karena itu saya coba ubah ukuran browser lalu saya muat ulang halaman itu dan plugin itu pun langsung menyesuaikan lebarnya dengan lebar wadahnya.

Plugin Halaman Facebook Terbaru 2017 100% Responsive?
Plugin Halaman Blog Pencari Ilmu pada Browser Ukuran 278px yang Telah Dimuat Ulang. Dokumen Pribadi

Namun tetap ada peraturan yaitu panjang minimal dan maksimal serta tinggi minimal. Facebook telah menetapkan panjang minimal 180px dan maksimal 500px. Untuk tinggi minimal yang ditetapkan oleh Facebook adalah 70px. Jika Anda ingin membuatnya, Anda bisa mengisi lebar dan tinggi sesuai dengan keinginan Anda dengan batas yang telah ditentukan Facebook.

TIPS!
Agar lebih bagus pada wadah lebar, buat saja lebar plugin dengan 500px dan disarankan tinggi hanya 225px.

Have a good day, Bloggers!

https://developers.facebook.com/docs/plugins/like-box-for-pages?locale=id_ID
https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin